Pelatihan Pemrograman Visual Kodular Bagi Siswa SMPS Mitra Patrang Jember
DOI:
https://doi.org/10.59395/abdiformatika.v4i1.211Keywords:
Pemrograman Visual, Kodular, Pelatihan, Bahasa Pemrograman, pengabdian kepada masyarakatAbstract
Pelatihan pemrograman visual menggunakan platform Kodular di SMPS Mitra Patrang Jember bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pemrograman komputer. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini mencakup: (1) spesifikasi tujuan dan identifikasi masalah; (2) desain pelatihan; (3) implementasi pelatihan; serta (4) evaluasi dan umpan balik. Desain pelatihan yang terstruktur melibatkan partisipasi siswa dalam serangkaian sesi yang mencakup konsep dasar pemrograman visual dan penggunaan platform Kodular. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah pelatihan, dengan mayoritas menyatakan kepuasan dan minat yang tinggi. Pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman pemrograman visual dan merangsang minat siswa dalam teknologi. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam memperluas pemahaman tentang pendekatan pembelajaran inovatif dalam konteks pendidikan sekolah menengah.
Downloads
References
Ayu, V., Soelitisjanto, B., Hernawan, H. A., & Tjendro. (2023). Pelatihan Pemrograman Visual dengan Scratch untuk Siswa SD Negeri Sawah Panggang. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 277–283. https://doi.org/10.35870/JPNI.V4I2.197
Ekawati, S., & Basri, F. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Kodular. Abdimas Langkanae, 2(2), 216–222. https://doi.org/10.53769/JPM.V2I2.183
Falgenti, K. (2020). Studi Komparatif Program Visual Dinamis untuk Pembelajaran Algoritma dan Pemograman Berorientasi Objek. Journal of Applied Computer Science and Technology, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.52158/JACOST.V1I1.53
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN: PELATIHAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://doi.org/10.31004/CDJ.V4I6.23614
Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). PELATIHAN MEMBANGUN APLIKASI MOBILE MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK SISWA SMPN 1 SELOREJO. Abdimas Galuh, 4(1), 549–553. https://doi.org/10.25157/AG.V4I1.7259
Maharani, D., & Meynawati, L. (2024). Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.58192/SIDU.V3I1.1771
Musfikar, R., Teknologi Informasi, P., & Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F. (2022). PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN WEB KODULAR. Journal Of Information Technology (JINTECH), 3(1), 22–28. https://doi.org/10.22373/JINTECH.V3I1.1564
Prasetyo, A., #1, U., Priskila, K., & #2, T. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika, 9(2), 37–37. https://doi.org/10.61769/TELEMATIKA.V9I2.87
Pratama, A. (2018). Pengaruh Pengajaran Pemrogaman Animasi melalui Aplikasi Scratch pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 1(1), 24–31. https://doi.org/10.31331/JOINED.V1I1.613
Qian, Y., Lehman, J., Qian, Y., & Lehman, J. (2017). Students’ Misconceptions and Other Difficulties in Introductory Programming. ACM Transactions on Computing Education (TOCE), 18(1). https://doi.org/10.1145/3077618
Retta, A. M., Isroqmi, A., Nopriyanti, T. D., Matematika, P., & Pgri Palembang, U. (2020). PENGARUH PENERAPAN ALGORITMA TERHADAP PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 126–135. https://doi.org/10.31851/INDIKTIKA.V2I2.4125
Tran, Y. (2018). Computer Programming Effects in Elementary: Perceptions and Career Aspirations in STEM. Technology, Knowledge and Learning, 23(2), 273–299. https://doi.org/10.1007/S10758-018-9358-Z/METRICS
Wijanto, M. C., Tan, R., Sujadi, S. F., Panca, B. S., Toba, H., Yulianti, D. T., Budi, S., Santoso, S., Widjaja, A., Nathasya, R. A., Kurniawati, G., & Karnalim, O. (2021). Implementasi Computational Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas. Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat , 6(1), 50–55. https://doi.org/10.21460/SENDIMASVI2021.V6I1.15
Zarkasi, M., Pandunata, P., Furqon, M. ’Ariful, Wulandari, D. A. R., & Auliya, Y. A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Google Sites dan Integrasi Nama Domain Sebagai Sarana Publikasi Informasi pada TKIT Buah Hati Kita Jember. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.33096/ILKOMAS.V3I1.1255
Zubaidi, A., Jatmika, A. H., Wedashwara, W., & Mardiyansyah, A. Z. (2021). Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa SD 13 Mataram: Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1). https://doi.org/10.29303/JBEGATI.V2I1.423
Zulkipli, Z. (2023). Hubungan antara Kemampuan Matematika dengan Keterampilan Pemrograman. Jurnal Bangkit Indonesia, 12(2), 59–64. https://doi.org/10.52771/BANGKITINDONESIA.V12I2.251
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ariful Furqon, Muhamad Arief Hidayat, Priza Pandunata, Mohammad Zarkasi, Yanuar Nurdiansyah, Katarina Leba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.