Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.171Keywords:
Pelatihan, Google classroom, pembelajaran online, Pengabdian MasyarakatAbstract
Perkembangan sistem informasi dan teknologi saat ini dapat mempengaruhi dunia pendidikan. Guru dituntut memiliki kemampuan yang cukup untuk mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu dampak positif teknologi sebagai penunjang pendidikan adalah penggunaan media e-learning berbasis Google Classroom sebagai media pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh. Salah satu solusi dalam pembelajaran jarak jauh adalah dengan menggunakan Google Classroom sebagai media yang memudahkan guru dan siswa untuk melakukan proses pembelajaran di rumah. Penggunaan Google Classroom saat ini sangat efisien dan efektif, yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Guru dapat memberikan materi online berupa teks, gambar, audio, dan video kepada siswa. Mitra yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini adalah para guru di SMK Lowis Sakti. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan telah memahami langkah-langkah dan cara penggunaan aplikasi Google Classroom.
Downloads
References
Alfina Ommi. 2020. “Penerapan LMS (Learning Management System)- Google Classroom dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19”. Majalah Ilmiah Metdhoda Volume 10 Nomor 1, 2020. Diunduh 09 November 2020 pukul 20.10.
Ariani, Niken, Haryanto D., (2010). Pembelajaran multimedia di sekolah, Prestasi Pustaka Publisher.Jakarta.
Aryani, D., Malabay, M., Ariessanti, H.D., & Putra, S.D.(2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Belajar Berani Saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 1(5), 373–378.
Asyhar, R., (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.
Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Deviyanti, Dkk. (2020). Pengembangan Media Elearning Berbasis Google Classroom Untuk Hmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Di Sma Unggul Sakti Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 1: 303-316. (Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V1i1.264).
Dhia Ghina Ramadhani Putri S. 2017. “Communication Effectiveness Of Online Media Google Classroom In Supporting The Teaching and Learning Process”. Jurnal JOM FISIP Volume 4 Nomor 1, 2017.
Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi . 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi EDISI XI TAHUN 2017 .Jakarta
Gunawan, Sunarman. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia: 340-348.(Http://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N.L.W.S.R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N.V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A.(2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hanum, N.S., (2013). Keefetifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom
https://agroedupolitan.blogspot.com/2017/03/multimedia-interaktif-dalampembelajaran.html
Munir, (2013). MULTIMEDIA dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Swajati. (2005). Belajar Sendiri: Membuat CD-Multimedia Interaktif untuk Bahan Ajar E-Learning.Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Yuliani, Meda, Janner Simarmata, and Siti Saodah. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Masbullah Masbullah, Saifurruhaidi Saifurruhaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.