Peningkatan Pemahamanan Kansei Engineering Melalui Webinar Kansei Day 2024
DOI:
https://doi.org/10.59395/abdiformatika.v4i1.215Keywords:
Kansei, Kansei Engineering, Consumer Preferences, Product Development, WebinarAbstract
Kegiatan Kansei Day yang dilaksanakan melalui webinar bertujuan untuk memperkenalkan dan menerapkan konsep Kansei Engineering dalam pengembangan produk, dengan fokus pada memahami preferensi emosional konsumen. Metode yang digunakan meliputi penyelenggaraan acara "Kansei Day 2024", yang melibatkan sesi berbagi panelis, paparan hasil penelitian, sesi tanya jawab, dan dokumentasi webinar. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan Kansei Engineering dapat meningkatkan pemahaman tentang preferensi konsumen, mendukung pengembangan produk yang lebih memuaskan secara emosional, dan memperluas wawasan industri terkait. Pentingnya hasil ini terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kualitas produk, meningkatkan daya saing di pasar, dan menciptakan pengalaman yang lebih memuaskan bagi pengguna.
Downloads
References
Ameniar, N., Prastawa, H., & Rosyada, Z. F. (2022). Evaluasi User Experience Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Penerapan Kansei Engineering Pada Aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia. Industrial Engineering Online Journal, 11(4).
Dahlgaard, J. J., & Nagamachi, M. (2008). Perspectives and the new trend of Kansei/affective engineering. The TQM Journal, 20(4). https://doi.org/10.1108/17542730810881285
Dwi Orshella, D. (2023). PENERAPAN KANSEI ENGINEERING PADA PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM. Jurnal Industrial Galuh, 1(02). https://doi.org/10.25157/jig.v1i02.2992
Guo, F., Qu, Q. X., Nagamachi, M., & Duffy, V. G. (2020a). A proposal of the event-related potential method to effectively identify kansei words for assessing product design features in kansei engineering research. International Journal of Industrial Ergonomics, 76. https://doi.org/10.1016/j.ergon.2020.102940
Guo, F., Qu, Q. X., Nagamachi, M., & Duffy, V. G. (2020b). A proposal of the event-related potential method to effectively identify kansei words for assessing product design features in kansei engineering research. International Journal of Industrial Ergonomics, 76. https://doi.org/10.1016/j.ergon.2020.102940
Hartono, M. (2020). Kansei Mining-based in Services sebagai Alternatif Pengembangan Metodologi Affective Design. KELUWIH: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.24123/saintek.v1i1.2817
Isa, I. G. T. (2018). Kansei Engineering Approach in Software Interface Design. Journal of Science Innovare, 1(01). https://doi.org/10.33751/jsi.v1i01.680
MULYONO, A., KUBO, M., & MUHAMMAD, Z. G. (2019). NILAI AFEKTIF BULUH: PEMBANGUNAN PRODUK BERNILAI SEMANTIK BAGI PENILAIAN KEJURUTERAAN KANSEI. International Journal of Creative Future and Heritage (TENIAT), 7(1). https://doi.org/10.47252/teniat.v7i1.219
Nagamachi, M. (1999). Kansei engineering; the implication and applications to product development. Proceedings of the IEEE International Conference on Systems, Man and Cybernetics, 6. https://doi.org/10.1109/icsmc.1999.816563
Nagamachi, M. (2002). Kansei engineering as a powerful consumer-oriented technology for product development. Applied Ergonomics, 33(3). https://doi.org/10.1016/S0003-6870(02)00019-4
Salomon, L. L., Kosasih, W., & Saputra, N. L. (2015). Strategi Pengembangan Plastic Shopping Bag Berdasarkan Preferensi Konsumen Dengan Pendekatan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: Pt Era). Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 4.
SCHÜTTE, S., LOKMAN, A. M., MARCO-ALMAGRO, L., ISHIHARA, S., YANAGISAWA, H., YAMANAKA, T., VALVERDE, N., & COLEMAN, S. (2023). Kansei for the Digital Era. International Journal of Affective Engineering, 23(1). https://doi.org/10.5057/ijae.ijae-d-23-00003
Soikun, T. M., & Ag Ibrahim, A. A. (2020). PENDEKATAN ANALISIS FORMALISTIK DAN SEMIOTIK VISUAL: MENCARI FAKTOR ‘APPEAL’ DALAM WATAK ANIMASI TEMPATAN. Jurnal Gendang Alam (GA), 10(2). https://doi.org/10.51200/ga.v10i2.2825
Sumarni, T. (2019). Rekomendasi Desain Tampilan Launcher Android Menggunakan Kansei Engineering Berdasarkan Kategori Partisipan Non Reguler. Naratif(Jurnal Nasional, Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika), 1(1).
YUDHIA, O. P. O., & Suwondo, A. J. (2022). Perancangan Sofa Multifungsi Dengan Metode Kansei Engineering. JURNAL TECNOSCIENZA, 6(2). https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v6i2.670
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Arief Rahman, Ade Sukma Wati, Aurantia Marina, Nurul Ilma Hasana Kunio, Fitrianto Puja Kesuma, Nur Jumriatunnisah, M Zulkarnain, Yulia Hapsari, Leni Novianti, Indri Ariyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.