Peningkatan Kualitas Guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten Melalui Pelatihan Teknologi Informasi

Authors

  • Sri Ngudi Wahyuni Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rosyidah Jayanti Viyata Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Mei Maemunah Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rahma Widyawati Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Sri Mulyatun Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Istiningsih Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Achmad Fauzi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.153

Keywords:

Quality, Teacher, Technology, Powerpoint, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten merupakan salah satu sekolah dasar yang memiliki visi misi melahirkan generasi yang Islami dan berkualitas. Sehingga salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai visi misi tersebut, adalah dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten. salah satu upaya peningkatan SDM adalah dengan memberikan pelatihan secara berkala kepada para guru dan staff pendidik, agar senantiasa inovasi dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan kualitas merupakan program berkelanjutan dan dilaksanakan setiap semester. Salah satu program peningkatan kualitas adalah dengan mengadakan pelatihan teknologi pagi guru dan staff pendidik. Pelatihan ini dilaksanakan sehari dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan diikuti 40 orang dengan rentang usia guru antara 20-30 tahun sehingga memiliki daya serap yang tinggi terhadap materi pelatihan. Hasilnya, evaluasi pelatihan menyatakan bahwa 90% peserta memahami dan mampu mengimplementasikan materi secara baik. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah, meningkatnya kemampuan para guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten dalam membangun media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini terlihat dari banyaknya unggahan presentasi materi pembelajaran setiap guru di media sosial seperti Facebook dan Youtube. Media pembelajaran yang diunggah digunakan oleh siswa dalam belajar dirumah, sehingga dapat diulamg setiap saat. Banyaknya siswa yang mampu mencari materi belajar berbasis video presentasi dari para guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten menandakan bahwa pelatihan yang diikuti mampu meningkatkan kemampuan dalam membangun media pembelajaran yang menarik, tidak membosankan dan tentunya berkualitas.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Bahar, J., Sentinuwo, S., … S. K.-J. T., & 2020, undefined. (n.d.). Identifikasi dan Kuantifikasi Manfaat Teknologi Informasi di Kabupaten Talaud. Ejournal.Unsrat.Ac.Id. Retrieved February 23, 2022, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/29027

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam distance learning. Jurnal TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29–40.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Hayaty, M., Wahyuni, S. N., Putra, A. D., Maemunah, M., Satya, B., & Nurani, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(2), 61–67.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Mumin, U. A. (2019). The Role of Information Technology in Education World (Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan; E-education). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1, January), 104–119.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265–271.

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.

Salamah, I., Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. D. (2019). Peningkatan kemampuan guru-guru SD negeri 130 Palembang dalam menyajikan presentasi atraktif melalui pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52–62.

Santrock, J., & Santrock, J. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua. http://difarepositories.uin-suka.ac.id/35/

Sumantri, M. S., & MSM, P. (2015). Hakikat Manusia dan Pendidikan. Yogyakarta.

Wahyuni, S. N., Maemunah, M., Mulyatun, S., Vijaya, R. J., Istiningsih, I., Purwanto, M. K., Widyawati, R., & Hayati, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Ajar Pada Guru MIN 1 Klaten. Journal of Community Development, 3(1), 17–23.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Wahyuni, S. N. ., Viyata, R. J., Maemunah, M., Widyawati, R., Mulyatun, S., Istiningsih, I., & Fauzi, A. (2022). Peningkatan Kualitas Guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten Melalui Pelatihan Teknologi Informasi . Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.153